Agustus 8, 2017

ANGGOTA

1. Rahima – Jakarta

Lokasi: Jakarta

Rahima adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang didirikan di Jakarta pada tahun 2000 dengan tujuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan di dalam ajaran Islam. Rahima fokus dalam mempromosikan kesetaraan gender, terutama di dalam komunitas pesantren. Untuk itu organisasi ini melakukan pelatihan dan lokakarya untuk para siswa, guru, dan pemimpin agama mengenai isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan gender.

Website: https://www.rahima.or.id

 

2. Yayasan Pulih – Jakarta

Lokasi: Jakarta

PULIH didirikan pada 24 Juli 2002 dengan visi mewujudkan pemulihan dan penguatan korban kekerasan dan bencana menjadi sejahtera dan sehat secara psikososial, damai, demokratis, bebas dari rasa takut dan kekerasan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, perdamaian, hak asasi manusia, serta keadilan sosial dan kesetaraan gender. Visi ini dicapai melalui memberdayakan penyintas, keluarga, kelompok dan masyarakat agar dapat menjalani kehidupan yang produktif dan bermakna, melalui:

  1. Pendidikan dan peningkatan kesadaran publik untuk kelompok masyarakat, institusi, serta pengambil keputusan terkait pencegahan dan respon terhadap pemulihan trauma pasca kekerasan dan intervensi psikososial.
  2. Meningkatkan kapasitas dan partisipasi dalam pemulihan psikososial.
  3. Advokasi kebijakan sosial, undang-undang, peraturan, serta layanan pencegahan bencana yang melindungi dan memenuhi hak-hak dasar masyarakat.
  4. Pengembangan organisasi yang kompeten di bidang psikososial, akuntabilitas, otonomi, demokratis dan sosial.
  5. Pengembangan pembelajaran yang bermanfaat baik secara internal maupun eksternal.

Website: http://pulih.org/

 

3. WCC (Women Crisis Centre) Cahaya Perempuan – Bengkulu

Lokasi: Bengkulu

Lembaga Cahaya Perempuan WCC ini didirikan di Bengkulu pada tanggal 25 November 1999.Kegiatan Cahaya Perempuan WCC memfokuskan diri dalam membantu perempuan korban kekerasan berbasis gender melalui penyediaan layanan yang mendukung hak korban; terutama hak atas kebenaran, keadilan dan pemulihan.

  1. Visi Cahaya Perempuan WCC adalah :

“Terwujudnya kekuatan masyarakat sipil untuk mendorong pemerintah yang bertanggung jawab dalam menghapuskan kekerasan terhadap perempuan dan anak berlandaskan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan gender”.

  1. Misi Cahaya Perempuan WCC adalah :
  2. Meningkatkan kapasitas masyarakat dalam melakukan advokasi penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi
  3. Mengembangkan jaringan kerja advokasi penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi.
  4. Menjadi pusat pelayanan informasi dan pelayanan terpadu bagi perempuan dan anak korban kekerasan dan kesehatan reproduksi.
  5. Memastikan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mengupayakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi.
  6. Menguatkan kapasitas dan kemandirian organisasi.

Pada saat ini Cahaya Perempuan WCC juga sedang mengembangkan program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan) selama 5 (lima) tahun dari 2015 – 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan perempuan miskin di Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu. Program ini dilakukan di 3 (tiga) wilayah yaitu Kota Bengkulu, Kab. Seluma dan Kab. Rejang Lebong. Pada saat ini sudah terbentuk 13 kelompok Credit Union (CU) yang bertujuan agar perempuan memiliki kekuatan ekonomi untuk pemenuhan Kesehatan Perempuan termasuk Hak Kesehatan seksual dan Reproduksi (HKSR). Cahaya Perempuan WCC juga memiliki media sosial yang di gunakan untuk media publikasi, media sosial yang di gunakan adalah :

Facebook         : cahayaperempuan.wcc@gmail.com

Twitter            : cahayaperempuan.bkl@gmailcom

Website: dalam proses perbaharuan dan sekarang belum bisa diakses.

 

4.  PKBI  Jawa Timur

Lokasi: Jawa Timur

Sebagai salah satu cabang PKBI Pusat, PKBI Jawa Timur memiliki prinsip yang sama dengan PKBI cabang lainnya. PKBI Jawa Timur bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan seksual dan reproduksi serta Keluarga Berencana melalui cabang yang berada hampir di semua kabupaten/kota di Jawa Timur.. Selain itu, PKBI juga memberi dukungan akses informasi dan edukasi pada kelompok berisiko dan penyedia layanan. PKBI Jawa Timur memiliki hubungan dan jaringan yang baik dengan pemerintah daerah, sekolah dan universitas.

Website: http://inicatat.blogspot.co.id/2016/12/pkbi-daerah-jawa-timur.html

 

5. PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasi:  Daerah Istimewa Yogjakarta

Sebagai salah satu cabang PKBI Pusat, PKBI DIY memiliki prinsip yang sama dengan PKBI cabang lainnya. Menjunjung tinggi mandat untuk memberi akses informasi dan layanan seksualitas komprehensif, PKBI melakukan berbagai program edukasi serta pelayanan kesehatan reproduksi melalui klinik.

Website: http://pkbi-diy.info

 

6. Community Development (CD) Bethesda – Yogyakarta

Lokasi: Daerah Istimewa Yogjakarta

CD Bethesda adalah lembaga nonprofit berfokus pada pelayanan kesehatan dan membantu masyarakat terpencil, khususnya di pedesaan. Secara struktur organisasi , CD Bethesda merupakan salah satu unit mandiri dari RS Bethesda dan berada di bawah koordinasi YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) sebagai salah satu yayasan pelayanan kesehatan terbesar di Indonesia. sejak tahun 1979 CD Bethesda mulai menentukan langkah strategisnya sebagai lembaga pelayanan kesehatan secara holistik, untuk mendukung pembentukan masyarakat yang makmur, sehat dan mandiri.

Situs web: http://www.cdbethesda.org/welcome-to-cd-bethesdas-website.html

 

7. Women’s Crisis Centre (WCC) Rifka Annisa – Yogyakarta

Lokasi: Daerah Istimewa Yogjakarta

Rifka Annisa adalah lembaga non pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 Agustus 1993. Rifka Annisa – yang berarti “Teman Perempuan” hadir di Jogjakarta karena keprihatinan yang dalam pada kecenderungan budaya patriarki yang pada satu sisi memperkuat posisi laki-laki tetapi di sisi lain memperlemah posisi perempuan. Akibatnya, perempuan rentan mengalami kekerasan baik fisik, psikis, ekonomi, sosial, maupun seksual seperti pelecehan dan perkosaan. Adanya persoalan kekerasan berbasis gender yang muncul di masyarakat mendorong para aktivis Rifka Annisa untuk melakukan kerja-kerja dalam rangka penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Sejak tanggal 20 Mei 2005, Rifka Annisa menjadi Asosiasi.
Layanan yang disediakan oleh Rifka Annisa meliputi:

  1. Konseling
  2. Bantuan hukum;
  3. Shelter untuk penyintas;
  4. Penjangkauan;
  5. Konseling untuk laki-laki;
  6. Pengembangan kapasitas untuk pasangan.

Website: http://www.rifka-annisa.org/id

 

8. PKBI Papua

Lokasi: Papua

Sama seperti cabang  PKBI lainnya, PKBI Papua memegang mandat memberikan akses informasi dan edukasi terkait kesehatan seksual dan reproduksi. PKBI Papua menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan berbagai komunitas lokal untuk pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi.

Website: Tidak tersedia

 

9. PKBI Jambi

Lokasi: Jambi

Sebagai salah satu cabang PKBI Pusat, PKBI Jambi memiliki prinsip yang sama dengan PKBI cabang lainnya. PKBI Jambi bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan seksual dan reproduksi serta Keluarga Berencana melalui cabang yang berada hampir di semua kabupaten/kota di Jambi. Selain itu, PKBI juga memberi dukungan akses informasi dan edukasi pada kelompok berisiko dan penyedia layanan. PKBI Jambi memiliki hubungan dan jaringan yang baik dengan pemerintah daerah, sekolah dan universitas

 

10.  SIKOK – Jambi

Lokasi: Jambi

SIKOK didirikan pada bulan Agustus 2000 di Jambi dan memiliki strategi sebagai berikut:

  1. Pemberdayaan remaja terhadap Kesehatan Seksual dan Reproduksi melalui pengembangan kapasitas; Pendidikan non formal, lokakarya dan pelatihan
  2. Advokasi kebijakan pemerintah (lokal dan nasional) serta pemangku kepentingan utama lainnya
  3. Publikasi materi Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja kepada banyak pemangku kepentingan melalui jaringan media sosial serta informasi dan pendidikan komprehensif, Laporan Tahunan, dan lain sebagainya.

Website: https://sikokjambi.wordpress.com

 

11. Mitra Aksi Jambi

Lokasi: Jambi

Mitra Aksi adalah sebuah lembaga non pemerintah yang didirikan pada Agustus 2000 di Jambi. Mitra Aksi bekerja untuk pemberdayaan masyarakat dan pengorganisasian masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, peningkatan mata pencaharian (sustainable livelihood), dan pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat. Secara khusus, Mitra Aksi memiliki fokus pada pemberdayaan perempuan dan remaja serta mengembangkan pembelajaran transformasi sosial di tingkat akar rumput.

Website: http://mitraaksi.org

 

12. PKBI Bali

Location: Bali

PKBI Bali didirikan pada tahun 1959 – dua tahun setelah PKBI Pusat didirikan. Melalui kerja sama antar cabang, saat ini PKBI Bali menjalankan beberapa program yang berkaitan dengan keluarga berencana, kesehatan reproduksi, HIV-AIDS dan pengembangan masyarakat. Visi PKBI Bali -bersama dengan cabang-cabang di seluruh Indonesia- adalah menjadi Center of Excellence dalam Program Pengembangan dan Advokasi Kesehatan Seksual dan Reproduksi pada tahun 2020. Untuk mencapai visi itu PKBI mengembangkan pusat informasi, pendidikan, konseling, serta layanan kesehatan seksual dan reproduksi. Program ini memiliki fokus pada penyediaan layanan keluarga berencana berkualitas dengan perspektif berbasis hak dan gender, serta menjunjung tinggi prinsip profesionalisme, kredibilitas, independensi dan keberlanjutan. Ada 3 program IPPA Bali, yaitu program pemuda, program HIV-AIDS dan klinik. PKBI Bali memiliki cabang di hampir seluruh wilayah Bali.

Website: http://www.kisara.or.id/about/pkbi-bali

 

13. PKBI Lampung 

Location: Lampung

PKBI Lampung merupakan salah satu cabang dari PKBI Pusat. Organisasi ini memiliki fokus yang sama dengan seluruh cabang PKBI yakni pemenuhan hak kesehatan seksual an reproduksi yang menyeluruh. PKBI Lampung bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan seksual dan reproduksi serta Keluarga Berencana melalui cabang yang berada hampir di semua kabupaten/kota di Lampung. Selain itu, PKBI juga memberi dukungan akses informasi dan edukasi pada kelompok berisiko dan penyedia layanan. PKBI Lampung memiliki hubungan dan jaringan yang baik dengan pemerintah daerah, sekolah dan universitas.

Website: http://pkbilampung.or.id

 

14. PKBI Jawa Tengah

Location: Semarang

PKBI Jawa Tengah merupakan salah satu cabang dari PKBI Pusat. Organisasi ini memiliki fokus yang sama dengan seluruh cabang PKBI yakni pemenuhan hak kesehatan seksual an reproduksi yang menyeluruh. PKBI Jaw tengah bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan seksual dan reproduksi serta Keluarga Berencana melalui klinik yang tersedia di Kota dan Kabupaten. Selain itu, PKBI juga memberi dukungan akses informasi dan edukasi pada kelompok berisiko dan penyedia layanan. PKBI Jawa Tengah memiliki hubungan dan jaringan yang baik dengan pemerintah daerah, sekolah dan universitas.

Website: http://pkbijateng.or.id

 

15. PKBI DKI Jakarta 

Location: DKI Jakarta

PKBIDKI Jakarta didirikan pada tahun 1972. Visi PKBI DKI Jakarta adalah menjadi Center of Excellence dalam Program Pengembangan dan Advokasi Kesehatan Seksual dan Reproduksi pada tahun 2020. Untuk mencapai visi tersebut, PKBI mengembangkan pusat informasi, pendidikan dan konseling serta layanan seksual dan reproduksi. Layanan ini berfokus pada penyediaan layanan keluarga berencana berkualitas, dengan perspektif berbasis hak dan gender, menjunjung tinggi prinsip profesionalisme, kredibilitas, independensi dan keberlanjutan. Lingkup program PKBI DKI mencakup pemberdayaan kaum muda, memperluas dan meningkatkan kualitas layanan dan pencegahan IMS serta HIV. PKBI Jakarta bekerja secara luas di 5 wilayah di sekitar ibu kota, termasuk Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur

Website: http://pkbidkijakarta.org

 

16. Aliansi Remaja Independen –  DKI Jakarta, Kupang, Mataram, Makassar and Pati.

Location: DKI Jakarta, Kupang, Mataram, Makassar and Pati.

Aliansi Remaja Independen (ARI) didirikan pada tahun 2012 dan merupakan tonggak organisasi di Indonesia yang peduli dengan urusan remaja dan hak asasi manusia

Visi: Kaum muda berdaya, setara, mandiri, bertanggung jawab, mendapatkan hak, dan berpartisipasi aktif dalam setiap aspek pembangunan.

Misi: bekerja bersama dengan instansi pemerintah, masyarakat sipil, kelompok remaja, dan mitra pembangunan untuk memastikan bahwa semua anak muda mencapai kesehatan yang optimal dan menyelesaikan wajib belajar.

ARI memiliki kekuatan dalam advokasi dan pelibatan remaja secara bermakna. Saat ini ARI memiliki cabang di Kupang, Mataram, Makassar dan Pati. ARI melakukan advokasi di tingkat lokal, nasional dan internasional dalam mengejar persamaan hak bagi kaum remaja di Indonesia. Melalui Choice, ARI dikontrak untuk menerapkan GUSO di tingkat nasional termasuk memberikan bantuan teknis terkait MYP-YAP kepada semua mitra di lokasi program.

Website: https://aliansiremajaindependen.org/

 

 17. Institut Hak Asasi Perempuan – Yogyakarta & Kupang

Location: DI Yogjakarta dan Kupang.

Institut Hak Asasi Perempuan (IHAP) atau Institute for Women’s Human Rights (IHAP) didirikan pada tanggal 8 Maret 2004. IHAP memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat demokratis yang menghormati Hak Asasi Manusia terutama hak asasi perempuan dan kesetaraan gender. Untuk mewujudkan visi ini, IHAP telah mengembangkan pendekatan terpadu tiga dimensi – Theory of Change. Pertama, pekerjaan IHAP berfokus pada pemberdayaan masyarakat untuk memastikan adanya komitmen kuat untuk mewujudkan kerja bersama di HKSR. Kedua, IHAP mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung melalui pemerintahan yang baik berdasarkan keadilan dan kesetaraan juga pelaksanaan kebijakan. Ketiga, IHAP memastikan layanan HKSR yang berkelanjutan melalui layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang komprehensif. IHAP bekerja di beberapa daerah di Indonesia seperti: Yogyakarta, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur.

Website: http://ihap.or.id

 

18. Palang Merah Indonesia Cabang Jakarta Timur 

Location: Jakarta Timur

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah bagian dari Palang Merah Internasional yang didirikan pada 17 September. PMI memiliki mandat untuk membantu menjalankan tugas di bidang layanan donor darah, penyediaan layanan bantuan darah, bantuan siaga bencana, dan bantuan kesehatan. Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur sendiri adalah anggota Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan berfokus pada empat bidang utama: mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, tanggap bencana, kesiapsiagaan bencana, dan perawatan kesehatan masyarakat. Palang Merah Indonesia memberikan dukungan untuk semua masyarakat yang membutuhkan tanpa diskriminasi mengenai kewarganegaraan, ras, kepercayaan, agama, status sosial atau politik. PMI Jakarta Timur dikontrak oleh dance4life NCO untuk mengelola GUSO di Jakarta Timur.

Website: not available

 

19. Yayasan Pelita Ilmu – Jakarta

Location: DKI Jakarta

Yayasan Pelita Ilmu sebuah organisasi non pemerintah di Jakarta yang didirikan pada bulan Desember 1989. Pelita Ilmu berusaha untuk menjadi institusi yang konsisten mendorong perubahan perilaku positif, mendukung pendidikan ODHA dan HKSR. Yayasan Pelita Ilmu bekerja untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dalam memberantas HIV dan AIDS melalui pendidikan, dukungan, penjangkauan, dan penghidupan berdasarkan prinsip partisipasi, kemitraan, kesetaraan, transparansi dan akuntabilitas. Strategi tersebut mencakup, menyediakan informasi dan data tentang HKSR dan HIV untuk masyarakat, mendukung kegiatan yang menghasilkan pendapatan bagi perempuan dengan HIV, mendukung keluarga yang hidup dengan HIV, dan memperkuat sistem monitoring dan evaluasi. Selain itu, Yayasan Pelita Ilmu juga memiliki beberapa kegiatan penelitian. Yayasan Pelita Ilmu bekerja di seluruh wilayah DKI Jakarta serta dikontrak oleh Rutgers WPF Indonesia dan juga dance4life NCO untuk mengimplementasikan GUSO di Jakarta Timur.

Website: http://ypi.or.id/

 

20. Ardhanary Institut -Jakarta

Location: DKI Jakarta

Ardhanary Institute adalah lembaga yang menjadi pusat kajian, penerbitan dan advokasi hak-hak perempuan, didirikan pada 14 November 2005 di Jakarta. Ardhanary Institute menggunakan Undang-Undang Dasar 1945, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) tahun 1948, Prinsip-Prinsip Yogyakarta dan Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan (CEDAW) yang telah diratifikasi melalui Undang-Undang no. 7 tahun 1984 sebagai acuan kerja organisasi.

 VISI: Membangun terciptanya masyarakat yang menghargai dan melindungi keragaman gender dan seksualitas perempuan.

 MISI

Untuk mencapai tujuan, Ardhanary Institute  mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Mendorong adanya penerimaan masyarakat pada keragaman gender dan seksualitas perempuan
  2. Mengembangkan sistem yang menjamin adanya perlindungan atas keragaman gender dan seksualitas perempuan
  3. Menguatkan kapasitas organisasi dalam mempromosikan keragaman gender dan seksualitas perempuan
  4. Membangun sistem dan mekanisme untuk mendorong kemandirian organisasi

Website: http://ardhanaryinstitute.org/

 

21. RutgersWPF Indonesia – Jakarta

Location: DKI Jakarta

Rutgers WPF Indonesia adalah lembaga nirlaba lokal yang didirikan sejak 1997. Rutgers WPF Indonesia fokus pada bidang kesehatan reproduksi, seksualitas, dan penanggulangan kekerasan berbasis gender dan seksual. Rutgers mengembangkan berbagai program untuk anak muda di bawah usia 30 tahun agar mendapatkan akses pendidikan seksualitas yang komprehensif, layanan kesehatan seksual dan reproduksi ramah remaja, dan pelibatan laki-laki untuk pencegahan kekerasan berbasis gender. Program-program tersebut diimplementasikan bersama 18 mitra lokal di Indonesia. Rutgers WPF Indonesia memiliki rekam jejak yang sudah terbukti dan inovatif dalam advokasi kebijakan, penelitian, pendekatan gender transformatif dan mendukung kerja sama dengan mitra lokal. Saat ini Rutgers WPF Indonesia bekerja di 13 provinsi di Indonesia. Sebagai National Concept Owner (NCO) dari dance4life, Rutgers WPF Indonesia juga menerapkan intervensi dance4life di Indonesia melalui mitra lokal. Dalam program Get Up Speak Out (GUSO), bersama para mitra Rutgers berperan dalam meningkatkan akses pada pendidikan seksualitas komprehensif di dalam dan di luar kurikulum dan informasi terkait hak kesehatan reproduksi dan seksual dengan mengelola portal online www.sobatask.net .

Website: http://www.rutgerswpfindo.org/