Agustus 14, 2017

GUSO

Get Up Speak Out (GUSO)

Dalam rangka menjalankan program-program prioritas Renstra 2017-2020, ASV menjalankan program GUSO. Program GUSO diperuntukkan untuk remaja di 7 negara di dunia: Indonesia, Pakistan, Uganda, Kenya, Etiopia, Ghana, dan Malawi melalui dukungan Kementerian Luar Negeri Kerajaan Belanda.

Di Indonesia program GUSO dilaksanakan oleh 10 anggota ASV: PKBI Lampung, Ardhanary Institut, Aliansi Remaja Independen, PKBI DKI Jakarta, Yayasan Pelita Ilmu, RutgersWPF Indonesia, PMI Jakarta Timur, PKBI Jawa Tengah, PKBI Bali, dan Instituta Hak Asasi Perempuan. Program ini dilaksanakan di Kota Bandar Lampung, DKI Jakarta, Semarang, Denpasar, dan Kupang.

Tujuan:

Program GUSO merupakan hasil pembelajaran dari program-program serupa sebelumnya, seperti Unite for Body Rights (UFBR) dan Access, Services, and Knowledge (ASK) yang juga merupakan program ASV. Program ini bertujuan agar “remaja Indonesia usia 10-24 tahun memiliki otonomi untuk membuat pilihannya sendiri dan menjalankan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksinya (HKSR) tanpa mendapatkan stigma, diskriminasi dan kriminalisasi melalui pemberdayaan remaja agar remaja dapat partisipasi dalam pengambilan keputusan terkait akses pendidikan seksualitas yang komprehensif dan layanan KSR ramah remaja.“

Area hasil program GUSO:

  • Area hasil 1: Aliansi yang lebih kuat dan berkelanjutan untuk meningkatkan HKSR remaja
  • Area hasil 2: Remaja yang berdaya semakin dapat menyuarakan hak-hak mereka
  • Area hasil 3: Peningkatan pemanfaatan informasi dan pendidikan HKSR komprehensif oleh remaja
  • Area hasil 4: Peningkatan pemanfaatan layanan KSR berkualitas dan ramah remaja
  • Area hasil 5: Meningkatkan lingkungan sosial-budaya, politik dan hukum untuk HKSR yang sensitif gender, ramah remaja 

    Theory of Change Program GUSO yang didesain oleh remaja agar mampu dipahami oleh remaja.