Ngobrol Asik Bareng ProClinic: Kontrasepsi di Masa Pandemi

Ngobrol Asik Bareng Proclinic (sumber: instagram.com/procareclinic.pkbi)

Ngobrol Asik merupakan kegiatan diskusi santai yang rutin dilakukan oleh ProClinic Care. Pada seri yang ketiga ini, mengangkat tajuk “Kontrasepsi di Masa Pandemi”. Kegiatan berlangsung pada Rabu (14/10) melalui zoom meeting dimulai pukul 13.00-15.00 WIB. Acara ini mengundang Bd. Setio Rini R. A,Md.Keb sebagai narasumber dari klinik ProCare dan Zr. Sri Yani sebagai Moderator.

Alat kontrasepsi merupakan alat yang digunakan oleh pasangan untuk menunda atau mencegah kehamilan pada saat melakukan hubungan seks. Sasaran dari alat kontrasepsi adalah pasangan usia subur, ibu dengan jumlah anak banyak, dan ibu dengan resiko tinggi terhadap kehamilan. Melihat dari sasaran tersebut, alat kontrasepsi identik tentang perempuan, karena kontribusi paling besar dalam penggunaan alat kontrasepsi berasal dari perempuan. Sedangkan peran pria, masih kurang.  Padahal dalam penggunaan alat kontrasepsi harus adanya  kerja sama dengan pasangan. Untuk penggunaan alat kontrasepsi dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik. 

Saat masa pandemi seperti sekarang, banyak orang yang merasa takut untuk mengakses alat kontrasepsi di layanan kesehatan. ProClinic memiliki tips untuk mengatasinya yaitu :

  • Mengkomunikasikan dengan pasangan mengenai metode dan alat kontrasepsi yang dipilih
  • Melakukan konsultasi online dengan dokter atau bidan
  • Menggunakan kondom atau pil yang dapat dibeli di apotek/supermarket
  • Membeli alat kontrasepsi secara daring
  • Memanggil dokter atau bidan datang ke rumah
  • Menggunakan postpil atau kontrasepsi darurat

Alat kontrasepsi ini terdiri dari kontrasepsi metode sederhana. Metode sederhana ini meliputi metode kalender, senggama terputus, metode amenore laktasi atau memberikan asi eksklusif pada bayi selama enam bulan dan menggunakan kondom. Sedangkan metode modern dapat dilakukan dengan pil, suntikan, implant, alat kontrasepsi dalam Rahim (AKDR), operasi tubektomi dan vasektomi.

Berangkat dari topik yang diangkat, diharapkan agar pasangan tetap menggunakan alat kontrasepsi dan tetap periksa berkala mengenai alat kontrasepsi yang digunakan. Kemudian acara ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta dengan narasumber, dilanjutkan kuis berhadiah, dan sesi foto bersama.  

Penulis : Trisna Abigail

Editor: Pradnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *