Self-Worth: Diriku Sangat Berharga

Youth Center Bali yaitu Kita Sayang Remaja yang kerap disebut KISARA secara rutin tiap minggunya mengadakan Bincang Asik atau yang disingkat BISIK. Kali ini BISIK diadakan pada Jumat, 30 Oktober 2020 jam 15.00-16.30 WITA dengan tema “This is me : I’m Worth Every Single Thing In This Wonderful World” yang dipandu oleh relawan Kisara yaitu Komang Ari Budiani sebagai moderator. Selama pandemi BISIK rutin pun diadakan secara daring, dan kali ini BISIK diadakan melalui aplikasi Zoom Meeting namun ditayangkan juga pada akun youtube Kisara. 

Sesi dimulai dengan perkenalan diri oleh moderator dilanjutkan dengan penjelasan tata tertib selama sesi. Ari Budi juga memperkenalkan tema hari ini dan alasan penting untuk membahasnya. Moderator pun memperkenalkan narasumber hari ini yang merupakan seorang psikolog klinis yang juga tergabung dalam organisasi Bali Soul Society yaitu Sang Ayu Ketut Tri Semaraputri, M.Psi., Psikolog atau kerap dipanggik Gek Ana yang sebelumnya sudah pernah bekerja sama dengan KISARA dalam kelas Mindfullness.

Sesi materi pun dimulai dengan pemaparan oleh Gek Ana mengenai “Self-Worth” dan kata-kata “Self” lainnya seperti “Self-esteem, Self-value hingga Self-love”. 

“Self-Worth ini masih dipengaruhi oleh beberapa hal di luar diri, walaupun sebenarnya Self-Worth ini muncul dari dalam diri. Namun karena kita berinteraksi sosial pasti ada beberapa faktor yang akhirnya mempengaruhi” terang Gek Ana diawal materi.

Gek Ana kemudian melanjutkan dengan membahas pentingnya Self-Worth, karena dengan tingkat Self-Worth yang tepat dan tepat maka seseorang dapat menyadari bahwa dirinya berharga dengan segala keunikannya. Dengan demikian rasa kurang percaya diri pun akan berkurang dan membuat orang tersebut berani mencoba berbagai hal baru. Gek Ana juga membahas lebih mendalam seputar faktor-faktor yang memunculkan Self-Worth yaitu penampilan yang dipengaruhi oleh usaha dan kemampuan individu. 

“Ketika teman-teman menyadari bahwa pencapaian teman-teman itu karena usaha dan kemampuan yang teman-teman punya, itu diistilahkan teman-teman punya Self-Worth yang baik begitu” jelas Gek Ana dengan tenang.

Setelah materi, sesi dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab pertanyaan dari moderator juga penonton. Namun karena keterbatasan waktu maka hanya 2 pertanyaan yang dapat dijawab Gek Ana, salah satunya pertanyaan dari kolom komentar youtube oleh Krisna Manuaba yang bertanya seputar cara menghilangkan keraguan dalam diri sendiri. 

Sesi pun ditutup dengan pembahasan akhir sekilas mengenai cyber bully dan cara mempertahankan rasa percaya diri saat menghadapinya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *