Launching Kampanye Pendidikan Seksualitas Kompehensif ASV

Poster Acara Launching Kampanye (sumber: Aliansi Satu Visi)

Minggu, 22 November 2020, Aliansi Satu Visi (ASV) me-launching Media Kampanye Pendidikan Seksualitas Komprehensif berupa video, FAQ, Infografis, dan Buku Saku melalui Kanal Youtube dan zoom pukul 14.00-16.00 WIB.

Acara ini diramaikan oleh Ari Kresna yang akan menghibur penonton dengan stand up comedy khasnya, juga ada online talkshow ruang berbagi inspiratif yang mengundang Usep Hasan seorang Podcaster Keluarga Samawa dan Najhah Barnamij sebagai Pembina Pesantren Madinah As-Shalawat Khas Kempek. Kuis dan pengumuman lomba tiktok challenge juga turut menambah keseruan pada siang itu.

Acara dimulai oleh Kak Nando Rure, seorang relawan Institut Hak Asasi Perempuan (IHAP) sebagai pembawa acara. Kak Nando memulai acara ini dengan memutar video yang menjelaskan tata tertib untuk teman-teman peserta yang tergabung di zoom.

Selanjutnya, Pak I Komang Sutrisna selaku Ketua Pengurus ASV menyampaikan sekapur sirih yang berisi harapan agar pendidikan seksual dapat menjangkau masyarakat secara komprehensif. Acara dilanjutkan oleh penampilan lawak dari Kak Ari yang merupakan Relawan SeBaya PKBI Jawa Timur.

Selanjutnya ASV menayangkan video terkait pendidikan seksualitas yang menampilkan bagaimana cara orang dewasa menjelaskan tentang pubertas ke remaja. Ada guru kepada muridnya, orang tua ke anaknya, dan seorang ustadzah ke santrinya.

Tidak hanya menjelaskan, tapi ada hal yang menarik yaitu ASV menantang para orang tua, guru, dan ustadzah dengan hal-hal terlihat tabu untuk membahasnya bersama para remaja. Mereka diminta untuk membahas pubertas pada remaja, proses kehamilan, peran gender, kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, dan fungsi vagina. Setelah melakukan tantangan tersebut, para orang tua , guru, dan ustadzah menjelaskan pentingnya pendidikan seksual komprehensif untuk kehidupan remaja.

Acara dilanjutkan dengan online talkshow ruang ruang berbagi inspiratif yang berbeda dari sebelumnya. Ruang berbagi hari ini merupakan episode 41 yang special karena diiringi launching Kampanye comprehensive sexual education online dengan tagline #mulaibicaraseksualitas. Talkshow ini dipandu oleh Kak Resmi Adi, relawan KISARA PKBI Bali dan mengundang 2 narasumber keren yaitu Usep Hasan seorang Podcaster Keluarga Samawa dan Najhah Barnamij sebagai Pembina Pesantren Madinah As-Shalawat Khas Kempek.

Mbak Najlah berbagi cerita tentang pengalamannya membicarakan seksualitas di lingkungan pesantren yang harus lebih menjaga norma dan nilai agama yang kadang memandang seksualitas sebagai hal yang tabu. Sedangkan Mas Usep sebagai ayah membahas tentang seksualitas dan cara menjalin relasi yang baik dengan kawan sebaya kepada anak perempuannya. Di tengah diskusi, ASV menayangkan video terkait pengetahuan tentang perbedaan bentuk fisik sebelum dan sesudah mengalami masa pubertas.

Setelah sesi online talkshow ruang ruang berbagi inspiratif, Kak Nando mengajak penonton untuk menyaksikan launching Video, FAQ, Infografis, dan Buku Saku tentang Pendidikan Seksualitas Komprehensif yang diluncurkan Tim ASV. Hal ini disambut dengan antusias para penonton yang mendukung dengan adanya media untuk Pendidikan Seksualitas Komprehensif.

Setelah itu, acara berlanjut ke pengumuman pemenang lomba tiktok challenge yang menampilkan hasil karya remaja dengan tema perkembangan manusia, kesehatan seksual, kekerasan seksual, perilaku seksual, serta emosi dan relasi. Acara ditutup dengan memperlihatkan tampilan baru website ASV dan foto bersama serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara ini.

Penulis: Zahra

Editor: Pradnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *