Yuk, Mulai Self Love Dengan Tips Ini!

Ilustrasi Self-love (sumber: Rina)

“Duh kok mereka jago banget, cakep banget. Sementara aku, udah kucel, gak pinter lagi”

Hayo siapa yang sering banding-bandingin diri kayak gini? Diperparah dengan mencaci maki diri sendiri pula. Jika kamu pernah, hentikan mulai sekarang ya guys!

Karena ini adalah salah satu bentuk kamu masih belum memiliki self love terhadap diri kamu sendiri, atau sederhananya kamu belum mencintai dan menghargai diri kamu seutuhnya. 

“Tapi kalau aku muji-muji diri sendiri itu kan narsis namanya kak..”

Ada yang berpikiran serupa? Tenang guys. Dikutip dari website Satu Persen, self love itu berbeda dengan narsisisme. Narsisme adalah perilaku orang yang mencintai dirinya sendiri secara berlebihan, sehingga cenderung egois dan menganggap dirinya yang paling benar.

Sementara orang dengan self love adalah dia yang mampu menghargai dirinya sendiri serta mampu berteman dengan dirinya sendiri sehingga ia menjadi individu yang lebih baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Definisi ini hampir mirip dengan yang dijabarkan oleh psikologi Samantha Ananta, M.Psi, di website Akurat.co, self love ialah suatu bentuk penghargaan pada diri sendiri sebagai upaya untuk menunjukkan kepedulian terhadap kondisi fisik, psikologis dan spiritual. Buat yang masih bingung, salah contoh self love yakni keadaan dimana kamu sudah menerima keadaan dirimu seutuhnya lengkap dengan kekurangan maupun kelebihanmu. 

“Kenapa sih self love penting dibicarakan?”

Karena bila seseorang tidak memiliki self love, mereka cenderung akan menghukum dirinya sendiri secara terus-menerus baik dengan komentar negatif atau mencaci diri sendiri yang menyebabkan turunnya rasa percaya diri sehingga membuatnya sulit untuk berkembang setiap harinya.

Sebenarnya memberi kritik terhadap diri sendiri memang tidak salah, bahkan terkadang kritikan itulah yang bisa membuat dirimu menjadi lebih baik. Namun bila kritikan negatif lebih sering muncul dan mendominasi bahkan bersifat destruktif, hal inilah yang berbahaya karena dapat menyebabkan rasa tidak berdaya dan putus asa. 

Dikutip kembali dari website Satu Persen, kemampuan seseorang dalam menerapkan self love sangat berhubungan dengan kemampuannya dalam  menerima cinta dari orang lain. Sementara seseorang yang tidak memiliki self love cenderung sulit menjalin hubungan dengan pasangannya akibat pikiran negatif yang ada dalam dirinya, sehingga dirinya kerap tidak yakin pantas untuk dicintai. Selain itu seseorang yang tidak memiliki self love lebih sering merasa tidak aman dan tidak percaya diri, hal ini menyebabkan mereka kerap melarikan diri dari masalah dan jatuh tenggelam dalam lautan kesedihan yang tak berujung dan cenderung tak memiliki keseimbangan emosi. 

Nah kejawabkan alasan kenapa wajib banget nih kamu punya self love, berikut tips menumbuhkan self love agar dirimu makin dicintai oleh kamu sendiri :

  1. Kenali Diri Sendiri

Hayo Siapa Yang sudah mengenali dirinya sendiri 100%?

Mesti sejak lahir kita selalu bersama dengan diri kita sendiri, namun tak jarang masih banyak orang yang belum mengenali diri seutuhnya. Padahal mengenal diri sendiri dan memahami karakter diri adalah langkah awal untuk memulai self love, karena bagaimana kita bisa mencintai diri kita jika kita bahkan belum mengetahui siapa diri kita atau hal apa yang kita sukai atau tidak sukai.

Nah ayo mulai cek seberapa jauh kamu mengenali dirimu dengan pertanyaan sederhana seperti apa kelemahan dan kelebihanmu, apa tujuan hidupmu, apa visi dan nilai yang kamu pegang, apa target mu dalam 5 atau 10 tahun mendatang, dan pertanyaan mendasar lainnya seperti warna favorite ataupun makanan dan minuman kesukaanmu. Setelah kamu mengenali dirimu sendiri maka tentu rasa percaya diri mulai tumbuh dan kamu pun lebih terarah akan tujuan yang ingin dicapai. 

  1. Tentukan Batasanmu

Setelah mengenali diri tentu kamu tahu apa hal yang kamu sukai maupun tidak disukai, berikutnya kamu bisa menentukan batasan-batasan yang kamu miliki dan tidak ingin dilanggar orang lain maupun dirimu. Hal ini berguna untuk mengatasi kecenderungan ingin membuat semua orang senang hingga mengorbankan diri sendiri. Bukan berarti menyenangkan orang lain itu salah, namun tetap batasan. Jangan sampai kamu berhasil menyenangkan orang lain diatas penderitaanmu. Untuk bahagia kamu tidak memerlukan validasi dari orang lain, bahagiamu ditentukan oleh dirimu.

  1. Berhenti Membandingkan Diri

Setiap orang terlahir dengan keunikannya masing-masing, tidak lebih dan tidak kurang. Tapi memang ya keseringan rumput tetangga kelihatan lebih hijau, padahal semua rumput yang dirawat dengan baik warna nya hijau. Begitu pula dengan diri kita, tak jarang seseorang terlihat lebih unggul dari diri kita padahal diri kita sendiri memiliki keunggulan yang mungkin belum digali. Bila kita berfokus pada keunggulan orang atau bahkan memaksakan diri menyamai keunggulan orang, lalu kapan keunggulanmu akan digali? Jadi fokuslah pada dirimu dan perkembanganmu, semua butuh proses. Jangan lupa bersabar hingga keunikanmu bermekaran.

  1. Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Setelah bekerja keras membawamu ke berbagai tempat atau menemani belajar maupun bekerja siang malam, tentu tubuhmu memerlukan istirahat. Itu adalah salah satu bentuk berupa fisik bagi tubuhmu. Selain bagian fisik, yang tak kalah penting jasmani tubuhmu juga memerlukan penghargaan lho, hal ini akan berpengaruh besar terhadap mood maupun emosimu.

Penghargaannya pun beragam sesuai dengan kesukaan dan hobimu, bisa dengan menonton, naik gunung, bernyanyi, membaca buku atau sekedar minum kopi sembari menatap matahari terbenam. Dengan memberikan penghargaan terhadap diri sendiri bukan hanya wujud mencintai diri namun juga dapat meningkatkan produktivitasmu. Eits, tapi proporsinya harus seimbang yahhh, jangan sampai penghargaannya lebih banyak dari kegiatan wajibmu. 

Nah jadi penting banget kan self love dalam perkembangan diri baik berupa soft skill maupun hard skill. Buruan coba tips diatas dan bagikan kisahmu!

Sumber:

https://satupersen.net/blog/self-love-menghargai-diri-sendiri-kalau-bukan-kamu-siapa-lagi

https://akurat.co/gayahidup/id-863481-read-pengertian-self-love-menurut-ahli

Penulis: Rina

Editor: Pradnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *