Memahami keberagaman Gender

“Kamu ini cewek  atau cowok?” “Kok ga kayak yang lain sih?” “Gak boleh gitu tau, kapan mau tobat?” Pernah dengar kalimat seperti ini? Atau sejenisnya? Kata-kata yang diucapkan dari orang yang tidak bisa melihat indahnya perbedaan. Kalau pernah, yuk sini kita sama-sama belajar tentang toleransi dulu! Dikutip dari laman resmi UNESCO, tanggal 16 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Toleransi …

Diskusi Film: Emak Menolak

Film “Emak Menolak” merupakan karya dari Anggun Pradesha dan Riska Carolina. Sinopsis dari film ini adalah emak dan anaknya datang dari 2 pulau yang berbeda, bercengkerama di pesisir pantai Sanur yang terimbas pandemi. Ejaan rencana Negara sangat sulit diucapkan Emak ketimbang mendengar dan merespon narasi hidup anaknya yang memiliki kodrat berbeda. Di tebing bebatuan tepi laut, Emak menolak agenda buruk …

Implementasi Modul Aku Bisa

Pandemi tak menghalangi semangat berbagi informasi. Inilah yang terjadi di KISARA atau Kita Sayang Remaja yang merupakan perkumpulan remaja di bawah bimbingan PKBI Bali. Perkumpulan yang telah berusia lebih dari ¼ abad ini terdiri dari relawan-relawan remaja yang aktif dan semangat berbagi pengetahuan juga mencari pengalaman baru.  Kali ini KISARA bekerja sama dengan organisasi nasional bernama Go-Pintar guna mengimplementasikan Pendidikan …

Launching Kampanye Pendidikan Seksualitas Kompehensif ASV

Minggu, 22 November 2020, Aliansi Satu Visi (ASV) me-launching Media Kampanye Pendidikan Seksualitas Komprehensif berupa video, FAQ, Infografis, dan Buku Saku melalui Kanal Youtube dan zoom pukul 14.00-16.00 WIB. Acara ini diramaikan oleh Ari Kresna yang akan menghibur penonton dengan stand up comedy khasnya, juga ada online talkshow ruang berbagi inspiratif yang mengundang Usep Hasan seorang Podcaster Keluarga Samawa dan …

ANAK: Penerus Bangsa yang Rentan Kekerasan

20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia, tujuan dari peringatan ini ialah untuk menghormati dan mendukung hak-hak anak yang ada di seluruh dunia. Sehingga dengan adanya hari anak ini diharapkan agar bisa menginspirasi, mempromosikan, mengadvokasi hingga merayakan hak-hak anak kepada setiap orang di seluruh dunia.  Bila ditelusuri asal mula hari anak ini bermula dari pertengahan abad ke-19 dimana terdapat sebuah …

Body Positivity: The Way I Love My Body

“Kamu cantik, tapi gendut. Diet dong, biar langsing!” “Kurus amat, ga pernah makan?” “Cantik ya, tapi sayang kulitnya gelap” “Rambut kamu kribo, gamau dilurusin aja?” Kalimat tersebut rasanya sering kita dengar, entah kita sendiri yang mengalaminya atau dari cerita orang terdekat. Apakah salah jika bentuk tubuh kita tidak sesuai dengan standar kecantikan yang berlaku di lingkungan? Jawabannya adalah tidak. Setiap …

Mengenal People Pleaser: Karena Berkata “Tidak” Bukan Hal yang Buruk dan Berkata “Ya” Tidak Selalu Baik

“Iyadeh aku aja yang kerjain yaaa..” “Sebenernya mau nolak, tapi aku ga enak bilangnya” “Aku takut mereka ga nyaman” “Kalo aku gabisa, mereka marah gak yaa” Halo sobat ASV, apa kabar kalian? Semoga sehat selalu ya ☺  Pernah ga sih kalian merasakan pertentangan batin seperti di atas? atau mungkin, punya teman yang seperti itu? Saat ini ketika masyarakat Indonesia semakin …

Kekerasan Terhadap Perempuan dan Red Flags

Kasus kekerasan terjadap perempuan selama ini masih disoroti oleh berbagai pihak terutama para aktivis perempuan, karena kekerasan pada perempuan sampai saat ini belum berhasil untuk diberantas. Selain itu Indonesia menduduki peringkat ke-13 sebagai negara yang tidak aman bagi perempuan, hasil tersebut diperoleh dari perusahaan riset yang berbasis di Singapura, Value Champion pada tahun 2019.  Selain hasil riset di tahun lalu, …

Sehat Komprehensif dari Diri Sendiri

Dikutip dari website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, awal mula adanya peringatan Hari Kesehatan bermula pada tahun 50-an dimana banyak rakyat Indonesia yang menderita penyakit Malaria. Ratusan ribu jiwa pun tak dapat diselamatkan dari ganasnya infeksi malaria. Pemerintah pun melakukan berbagai upaya untuk memberantas malaria di seluruh Indonesia. Dimulai dari pembentukkan Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959 yang kemudian berubah namanya …

Ruang Berbagi Ep. 40 Launching Paralegal Remaja ASV: Harapan Hapus KBGS

Tingkat kekerasan seksual di Indonesia mengkhawatirkan. Dikutip dari Website SKATA, Hasil Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja tahun 2019 (SPNHAR 2018) yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menunjukkan satu dari 17 anak lelaki dan satu dari 11 anak perempuan pernah mengalami kekerasan seksual. Mirisnya, kebanyakan pelaku adalah teman atau sebayanya (47%-73%) dan sekitar 12%-29% adalah …